Versi SCImago Institutions Rankings, UMI Raih Peringkat 12 PTS Terbaik di Indonesia

PTS UMI
Universitas Muslim Indonesia

MAKASSAR, DAERAHTERKINI.com – The SCImago Institutions Rankings (SIR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Kamis (21/4/2021). Dalam rilis tersebut, Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mencatatkan namanya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia.

Berdasarkan hasil SIR, UMI meraih 64th percentile research, 98th percentile innovation, dan 99th percentile societal dengan total 90th percentile. Atas angka tersebut, UMI berada di posisi 47 se-Indonesia (termasuk di dalamnya PTN) dan peringkat 12 di antara PTS se-Indonesia dan satu-satunya di luar Pulau Jawa.

Bacaan Lainnya

Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa PTS berakreditasi institusi A pertama di luar Pulau Jawa ini berhasil menunjukan kualitas dalam berbagai indikator untuk kesekian kalinya.

Menurut situs resminya, The SCImago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50%), hasil inovasi (bobot 30%), dan dampak sosial (bobot 20%) yang diukur dengan visibilitas web.

Indikator tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yang dimaksudkan untuk mencerminkan karakteristik ilmiah, ekonomi, dan sosial lembaga, masing-masing mencakup aspek “size-dependent” dan “size-independent”. Dengan metode tersebut SIR menyediakan statistik keseluruhan publikasi ilmiah dan hasil kegiatan lainnya.

Pencapaian UMI tidak berhenti disitu. UMI juga meraih peringkat pertama PTS dari total 352 PTS yang dinaungi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *