Tingkatkan Publikasi Ilmiah Dosen, UNM Kerja Sama IIK Pelamonia Gelar Pelatihan

publikasi ilmiah
Tim pengabdian masyarakat UNM Prodi Statistika memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional dan manajemen referensi.

MAKASSAR, DAERAHTERKINI.com – Salah satu tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Makassar (UNM) dari Prodi Statistika memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional dan manajemen referensi menggunakan Mendeley.

Kali ini, tim yang diketuai oleh Aswi SPd MSi PhD bermitra dengan Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Pelamonia. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dosen dalam penyusunan artikel ilmiah untuk disubmit pada jurnal internasional.

Bacaan Lainnya

Pelatihan dibuka oleh Warek I IIK Pelamonia, Asyima SST MKes MKeb, Rabu (20/7/2022). Kegiatan terbagi ke dalam 2 sesi dimana pada sesi 1 materi dibawakan oleh Aswi tentang penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional bereputasi.

Pada sesi ini para dosen diberikan gambaran mengenai bagaimana mencari novelty, mencari jurnal yang sesuai, proses submit manuskrip, hingga bagaimana cara menanggapi komentar dari reviewer. Pada sesi ini juga narasumber menjelaskan tentang pentingnya melakukan publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi.

Materi penggunaan manajemen referensi menggunakan Mendeley pada sesi 2 dibawakan oleh Bobby Poerwanto SPd MSi. “Penggunaan Mendeley ini akan sangat membantu dosen dan peneliti dalam mengelola referensi pada proposal ataupun karya ilmiah dengan berbagai style penulisan yang berlaku internasional,” katanya.

Pada sesi ini, dosen diberikan kesempatan untuk praktikum langsung dengan didampingi oleh Muh Fahmuddin SPd MStat dan beberapa mahasiswa Prodi Statistika FMIPA UNM mulai dari instalasi, registrasi hingga penggunaannya.

Selain itu, pada sesi ini, narasumber juga bercerita mengenai pengalaman lolos hibah penelitian DRTPM Kemdikbudristek khususnya terkait memilih referensi yang sesuai dan berkualitas untuk memperkuat nilai dari proposal penelitian yang akan diusulkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *