Latih Mental Pesilat, PERSINAS ASAD DIY dan Klaten Adakan Try Out

persinas asad diy
Pesilat dari PERSINAS ASAD DIY dan PERSINAS ASAD Klaten.

KLATEN, DAERAHTERKINI.com – PERSINAS ASAD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten gelar try out (latih tanding) di Padepokan PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten Gg. Menara Air III, Jonggrangan Baru, Klaten Utara, Kabupaten Klaten pada Minggu (10/9/2023). Hadir mendampingi pesilat sejumlah pengurus di antaranya Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PERSINAS ASAD Daerah Istimewa Yogyakarta Kapten TNI (Purn) H. Sardjiman, Sekretaris Pengprov PERSINAS ASAD DIY Drs. H. Suharno, Sekretaris Pengurus Kabupaten (Pengkab) PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten H. Agus Sunardo, S.T.

Dalam sambutannya, Sekretaris Pengkab PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten, H. Agus Sunardo mengatakan ajang try out ini dalam rangka untuk silaturrahim antar sesama pesilat dan pengurus PERSINAS ASAD. Selain itu juga sebagai tolok ukur seberapa kemampuan masing-masing pesilat. “Klaten – Jogja ini masih dekat, bisa dibilang masih satu trah (keluarga), gaya permainan masih mirip, kalem, santun, keporo ngalah (berebut mengalah),” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Agus menceritakan tentang Khoirudin Mustakim, pesilat PERSINAS ASAD asal Klaten peraih medali emas dalam Sea Games 2023. “Gaya permainan Mustakim itu keporo ngalah ning menang (mengalah tapi menang), sejak kecil mainnya kalem kayak engga main, ning menang (tapi menang). Pelatih itu juga tidak usah bengak bengok (teriak-teriak) karena di gelanggang pesilat sudah punya otoritas sendiri,” imbuhnya.

Senada dengan Sekretaris Pengkab PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten, Ketua Pengprov PERSINAS ASAD DIY, Kapten TNI (Purn) H. Sardjiman mengatakan tujuan diadakannya try out ini sebagai silaturrahim serta memantapkan kerukunan dan kekompakan sesama pesilat dan pengurus. “Sebetulnya try out bersama PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten ini sudah kesekian kalinya, Klaten ini dalam pembinaan pesilat kami lihat bagus sehingga kami bisa ngangsu kaweruh (belajar) supaya kami bisa berbenah lebih baik,” ungkapnya.

Purnawirawan Kapten TNI ini juga mengungkapkan, bukan tanpa alasan dipilihnya PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten untuk dijadikan partner tanding, selain secara geografis DIY dan Klaten cukup dekat juga ada ikatan emosional yang begitu kuat antar pesilat dan pengurus.

Sementara itu pelatih PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten, Abdulloh menyebutkan, try out ini sebagai ajang penjajagan antara kedua pesilat bisa dilihat perkembangannya lebih pesat mana. “Nanti kalau ada kekurangan dari pesilat-pesilat, kami bisa mencontoh yang lebih baik, supaya lebih maju dan saling mengisi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Abdulloh yang juga seorang pendekar senior ini mengungkapkan tentang pencarian bakat. “Saya juga berharap dari DIY juga mengadakan seleksi dari awal, mulai dari kabupaten-kabupaten diambil yang juara dari kabupaten-kabupaten itu, kemudian dibina di provinsi dan diadakan try out seperti ini sehingga bisa melatih mental para pesilat dan melihat kemampuan para pesilat dan kalau ada kekurangan bisa dievaluasi,” sambungnya.

Tidak jauh beda dengan pelatih PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten, Abdul Malik selaku pelatih dari PERSINAS ASAD DIY, mengatakan try out ini sebagai monitoring pencapaian hasil latihan selama ini sampai dimana kemampuan para pesilat. Dengan try out ini para pesilat bisa mengetahui kualitas lawan yang sebenarnya. “Disitu bisa terlihat kemampuan individu pesilat, kemampuan spirit daya juangnya serta kemampuan tekniknya kalau ada kekurangan bisa langsung kami evaluasi,” pungkasnya.

Dalam try out (latih tanding) ini dari PERSINAS ASAD DIY membawa 16 pesilat, sementara tuan rumah PERSINAS ASAD Kabupaten Klaten menurunkan 10 pesilat dua di antaranya sudah masuk di kontingen Jawa Tengah yang akan dikirim dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PERSINAS ASAD yang akan digelar Oktober mendatang. Try out kali ini mempertandingkan 8 kategori tanding putra dan 1 kategori seni putra, total ada 22 partai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *