Tingkatkan Kompetensi Guru Pondok, Dosen FAI UMI Gelar Pelatihan di Pondok Tahfidz Ahlul Jannah, Takalar

FAI UMI
Dosen FAI UMI menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran di Pondok Tahfidz Ahlul Jannah.

TAKALAR, DAERAHTERKINI.com – Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) gelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif bagi Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah di Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Dosen FAI UMI yang mengadakan kegiatan tesebut di antaranya, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dr Abdul Wahab SSi MSi yang juga sebagai Ketua Tim Pengabdian, didampingi Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Abdul Qahar Zainal Lc MEd PhD dan Dosen Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Dr Muh Aidil Sudharmono R SPdI MPdI.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilakukan mulai pada tahap perencanaan sampai dengan memberikan pelatihan kepada Guru Pondok.

Ketua Tim Pengabdian Abdul Wahab mengatakan, pada pelaksanaan tahap perencanaan didahului dengan mengundang para guru sebagai peserta untuk mengadakan pertemuan persiapan pelaksanaan pelatihan.

“Kemudian diadakan sosialisasi dalam bentuk rapat koordinasi dengan semua guru,” katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 3 kali, yakni tanggal 16 September, 14 Oktober dan 4 November 2023 secara tatap muka, dengan mengundang 15 Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah, Desa Paddinging.

“Kegiatan ini disambut baik Kepala Sekolah Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Bapak Baharuddin Jabbar,” ucapnya.

Abdul Wahab menjelaskan bahwa dengan melaksanakan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru terkait dengan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif, sehingga kompetensi guru dapat meningkat.

Materi kegiatan ini dilakukan melalui pemberian pelatihan terkait dengan pembuatan video pembelajaran, gamifikasi, aplikasi pembelajaran, augmented reality dan podcast serta diadakan simulasi. “Alhamdulillah peserta/guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini,” kata Abdul Wahab.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, ke depan dapat meningkatkan kompetensi guru yang menjadi salah satu dari empat kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru.

Kedua, para guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone dapat memahami kegiatan-kegiatan pembuatan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif.

Ketiga, para guru di Pondok Tahfidz Ahlul Jannah yang telah mengikuti pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif dapat menjadi narasumber, ataupun sebagai pembimbing para guru yang lain dalam media pembelajaran.

Keempat, publikasi ilmiah di jurnal atau dalam bentuk prosiding agar dapat dimanfaatkan sebagai literatur yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi profesional guru melalui kegiatan pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif.

Kelima, Publikasi Online. Hasil pengabdian masyarakat akan dipublish pada media online sebagai bahan bacaan dan referensi untuk pengembangan wawasan keilmuan masyarakat, guru, dosen dan mahasiswa.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *