Silaturahmi dengan Ketua FKUB Sulsel, Cendekiawan Muslim NU Dr Ahmad Ali MD MA Tulis Buku Sistem Pendidikan di LDII

Cendekiawan NU
Cendekiawan muslim Dr Ahmad Ali MD MA didampingi Pengurus DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan silaturahmi dengan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan periode 2019-2024 Prof Dr Abd Rahim Yunus MA di kediamannya di Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (28/4/2024).

MAKASSAR, DAERAHTERKINI.COM – Cendekiawan muslim Nahdlatul Ulama (NU) yang juga dosen Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Dr Ahmad Ali MD MA, melakukan riset dan observasi dalam rangka penulisan buku tentang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kota Makassar.

Dr Ahmad Ali menyelesaikan Doktornya di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun kunjungan silaturrahim Dr Ahmad Ali MD MA ke Kota Makassar dalam rangka riset, wawancara untuk penulisan buku yang ke-2 berjudul “Model, Corak dan Sistem Pendidikan di LDII dalam Platform Profesional Religius”. Sekaitan dengan itu, Dr Ahmad Ali menemui sejumlah tokoh untuk diajak diskusi dan wawancara tentang LDII.

Bacaan Lainnya

Tokoh yang ditemui salah satunya adalah Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MA di ruang rektorat Universitas Islam Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (30/4/2024).

Turut hadir mendampingi, anggota Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII Dwi Pramono Lc M.S.I., Wakil Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Prof Dr Sukardi Weda, dan wakil sekretaris Mujahidin ST dan Hatta Tohuri.

Dr Ahmad Ali MD MA mulai riset tentang LDII tahun 2021 sampai 2022 dan diterbitkan pada Juni 2023 lalu, berjudul “Nilai-Nilai Kebajikan dalam Jamaah LDII, dari Amal Saleh hingga Kemandirian, Menggali dan Mengkreasikan Hikmah dalam Kehidupan”. Ini adalah buku pertamanya tentang LDII.

Adapun Dr Ahmad Ali tiba di Kota Makassar pada Sabtu (27/4/2024). Selanjutnya, Cendekiawan NU Dr Ahmad Ali MD MA bersilaturahmi dengan Pengurus DPW LDII Sulawesi Selatan di Kantor DPW LDII Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo No.96 B, Makassar.

Hadir mengikuti silaturrahim, pengurus harian DPW LDII Sulawesi Selatan, Ketua Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Mukhlis, dan Ponpes Babussalam Tamalanrea.

Di hari kedua di Kota Makassar, Dr Ahmad Ali MD MA bertemu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan periode 2019-2024 Prof Dr Abd Rahim Yunus MA di kediamannya di Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (28/4/2024).

Di momen silaturrahim tersebut, Dr Ahmad Ali menyerahkan buku ‘Nilai-Nilai Kebajikan dalam Jamaah LDII’ kepada Prof Dr Abdul Rahim Yunus MA.

Hadir dalam silaturrahim, anggota Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII Dwi Pramono Lc M.S.I. Turut hadir, Pengurus LDII Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP, Prof Dr Sukardi Weda, Ilmaddin Husain SPd, dan Mujahidin ST.

Dari kediaman Prof Dr Abdul Rahim Yunus MA, Dr Ahmad Ali MD MA silaturahmi dengan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan Prof Dr M Ghalib MA di kediamannya di Perumahan Gowa Sarana Indah, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (28/4/2024).

Sedangkan pada hari ketiga, Cendekiawan NU Dr Ahmad Ali MD MA bersama pengurus DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan bersilaturrahim dengan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Prof Drs Hamdan Juhannis MA PhD di Kampus UIN Alauddin, Kabupaten Gowa, Senin (29/4/2024).

Turut hadir, anggota Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII Dwi Pramono, Lc M.S.I., Wakil Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Prof Dr Sukardi Weda, dan wakil sekretaris Mujahidin ST.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *