Safari Ramadan, Ketua MUI Mimika Silaturahmi Bersama Warga LDII

LDII Mimika
Safari Ramadan Ketua MUI Mimika bersama warga LDII Mimika, Kamis (22/4/2021)

TIMIKA, DAERAHTERKINI.com – Safari ramadan merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan MUI Kabupaten Mimika dengan mengunjungi beberapa masjid. Kini giliran Masjid Miftahul Huda yang merupakan binaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Mimika, berlokasi di Jalan Hasanuddin, Kota Timika.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika H Muh Amin Ar SAg SPd MM melaksanakan safari ramadan diawali dengan salat isya dan tarawih berjamaah, Kamis (22/4/2021).

Bacaan Lainnya

“MUI dan ormas islam termasuk LDII adalah organisasi mitra yang konsultatif dan koordinatif,” kata Muh Amin mengawali ceramahnya.

Berdasarkan Fatwa MUI nomor 23 tahun 2021 tentang tes swab untuk deteksi Covid-19 saat puasa tidak membatalkan puasa. Oleh karena itu, Muh Amin mengingatkan bahwa umat Islam di Kabupaten Mimika harus taat dan patuh pada protokol kesehatan 3M. “Para Dai jangan berstatement bahwa Covid-19 adalah rekayasa atau konspirasi, Covid-19 juga bukan hoaks tapi benar adanya,” tandasnya.

Di hadapan jamaah tarawih, Muh Amin mengajak untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, tidak saling mengolok dan tidak saling membenci. “Saya mengajak kepada umat Islam untuk membangun kebersamaan sehingga silaturahmi dan sinergitas terus terjalin. Sinergitas penting bagi lembaga Islam dalam setiap kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan demi mashlahatul ummah,” ungkapnya.

Mengakhiri ceramahnya, Muh Amin mengingatkan bahwa Allah Swt telah melepas umat Islam di garis star puasa 10 pertama ramadan dan saat ini sudah masuk di pertengahan 10 kedua ramadan dan sebentar lagi akan memasuki garis finish 10 terakhir. “Saat ini terlalu banyak umat Islam yang tidak sanggup menyelesaikan tahap selanjutnya karena lalai, lelah, tidak semangat, bahkan ada yang menyamakan bulan ramadan dengan bulan-bulan lainnya tanpa amaliah di dalamnya,” katanya.

Hadir pengurus DPD LDII Kabupaten Mimika di antaranya Dewan Penasihat H Suyoto, Ketua La Ode Muh Norris Ashara SS, Wakil Sekretaris Mustafa SPd MPd, Afdol Rozak Setiawan, Ibrahim SPd, bagian Komunikasi, Informasi, dan Media (KIM) Muslimin, Ketua DKM Miftahul Huda H Hasan Mallarangan, dan Wakil Ketua DKM Muhammad Basri. Dalam pelaksanaannya, kegiatan safari ramadan tetap mengikuti protokol kesehatan 3M.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *