Popda DIY 2022, Persinas ASAD Bawa Pulang Tujuh Medali

Persinas ASAD DIY
Tujuh atlet Persinas ASAD DIY berhasil meraih medali pada ajang Popda DIY 2022, Jumat (18/3/2022)

YOGYAKARTA, DAERAHTERKINI.com – Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD DIY berhasil membawa pulang tujuh medali dalam ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) DIY tahun 2022. Dari sembilan atlet yang diturunkan, tujuh pesilat meraih medali dengan rincian dua medali emas, satu medali perak dan empat perunggu.

Diungkapkan pelatih Rahmad Ibnu Said, sembilan atlet Persinas ASAD DIY tersebut merupakan atlet terbaik yang berhasil lolos seleksi dari tingkat ranting. “Setelah mereka lolos, masuk tim kabupaten, latihannya terpusat di IPSI kabupaten 3-4 kali setiap minggunya, selain itu latihan mandiri di perguruan,” jelas Ibnu.

Bacaan Lainnya

Ibnu merinci, sembilan atlet terdiri dari kelas tanding B David Pamungkas siswa SMA N 1 Sewon mewakili Kabupaten Bantul, kelas tanding A Aulia Arif Nurfaza siswa SMP N 1 Turi mewakili Kabupaten Sleman, kelas tanding A Nur Ery Syahrizal Maulana siswa SMK N 5 Yogyakarta dan kelas tanding G Abdullah Dani Wijaya siswa SMK Koperasi Yogyakarta.

Dari Kabupaten Kulon Progo, kelas tanding C Daru Prasetyo Prayitno siswa SMP N 2 Wates dan kelas seni tunggal Lutfi Asad Cholilulloh siswa SMA N 1 Wates. Tiga atlet dari Kabupaten Gunungkidul yakni kelas tanding C Lukman Wardani siswa SMP N 4 Wonosari, kelas tanding E Surya Marsa Pratama siswa SMP N 4 Wonosari, dan kelas tanding F Shohibul Affan Untoro siswa SMP N 4 Wonosari.

Menurut Ibnu, raihan juara dalam ajang Popda DIY ini tak lepas dari persiapan mental, fisik, dan teknik. “Paling utama adalah mental para atlet, walaupun teknik atau fisik bagus tetapi mentalnya kurang siap, hasilnya kurang maksimal. Selanjutnya baru fisik dan teknik, kalau tidak seimbang akan berpengaruh di gelanggang,” terangnya.

Pertandingan yang berlangsung 15-18 Maret 2022 di Graha Wana Bhaktiyasa, empat atlet Persinas ASAD berhasil meraih perunggu yaitu Aulia Arif Nurfaza kelas tanding A dari Kabupaten Sleman, David Pamungkas kelas tanding B dari Kabupaten Bantul, Daru Prasetyo Prayitno kelas tanding C dari Kabupaten Kulon Progo, dan Shohibul Affan Untoro kelas tanding F dari Kabupaten Gunungkidul.

Medali perak diraih Abdullah Dani Wijaya kelas tanding G dari Kota Yogyakarta. Satu lagi atlet Persinas ASAD dari Kota Yogyakarta Nur Ery Syahrizal Maulana kelas tanding A berhasil meraih emas. Sementara kategori seni Tunggal, Ganda, Regu (TGR) atlet Persinas ASAD dari Kabupaten Kulon Progo Lutfi Asad Cholilulloh berhasil meraih emas dengan skor 423 tercatat dalam waktu 3 menit 1 detik.

Usai ajang Popda DIY, Ibnu berharap atlet Persinas ASAD bisa melaju dalam even Popwil. Selain atlet, wasit juri Rahmat Hartono dari Persinas ASAD juga turut bertugas pada even ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *